Mengenang Pristiwa Kelam 23 Mei 1997 Banjarmasin

test

Mengenang Pristiwa Kelam 23 Mei 1997 Banjarmasin

https://www.Mediawarta.net
Senin, 23 Mei 2022

 


MEDIAWARTA.NET, BANJARMASIN -Perjalanan bangsa Indonesia dihiasi dengan berbagai peristiwa bersejarah. Peristiwa-peristiwa inilah yang nantinya ikut memengaruhi perkembangan di dalam Tanah Air. Meskipun, tidak sedikit pula peristiwa di masa lalu menjadi sebuah kenangan kelam dalam sejarah Nusantara.


Dari sekian banyak pristiwa, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pernah terjadi pristiwa kelam pada 23 Mei 1997. Yang dinamakan Jum'at kelabu (23/05/2022).


Ratusan korban berjatuhan. Beberapa orang dikabarkan menghilang. Bangunan dan fasilitas umum pun dirusak dan dibakar. Keberingasan dan kekejaman manusia tergambar di hari Jumat, 23 Mei 1997 itu.


Berbagai mahasiswa turun kejalan untuk memperingati pristiwa 23 Mei 1997, dengan membawa berbagai atribut dan poster bertuliskan Jum'at Kelabu.


Mereka menggelar aksi teatrikal mengenang kejadian yang menelan ratusan korban jiwa di Simpang Empat Pasar Sentra Antasari, yang menjadi salah satu lokasi kerusuhan kala itu, Jl Lambung Mangkurat Banjarmasin.


Salah satu Mahasiswa yang masih berkuliah semester 7 di Uniska Banjarmasin, sebagai ketua umum sanggar Titian Barantai. Muhamamad Yusrian Noor Sani, mengatakan.


"Sejarah ini tidak boleh dilupakan,"ungkapnya 


"Dan jadi pelajaran buat kita semua agar kejadian serupa tak lagi kembali terjadi di Banjarmasin," tegasnya. (Mediawarta.net/cr017


Related Posts