Kantor Bea Cukai Baru Menghadirkan Green Building Pertama Kali Di Kalimantan Selatan

test

Kantor Bea Cukai Baru Menghadirkan Green Building Pertama Kali Di Kalimantan Selatan

Albar
Minggu, 25 September 2022

 



MEDIAWARTA.NET, BANJARMASIN -Kita sudah sering mendengar istilah green building atau bangunan hijau, yang juga sudah banyak diterapkan pada gedung-gedung di Indonesia.


Namun saat ini, pada beberapa tempat  baru pertama kali hadir di Kalsel khususnya di Banjarmasin, yang dibangun di atas tanah seluas -+ 3.376,4733 Meter Persegi dengan mengusung tema "green building" yang berada di Jl A. Yani Km 2,5.


Kantor pertama kali dibangun Bea Cukai yang dulunya berada Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, sekarang pembangunan yang di disain berbentuk (L) dengan lima lantai, tersebut sudah mencapai progres 65 %. 


Ir.Fathurrahman, ST.,MT.,IPM.,ASEAN Eng Jabatan Team Leader Manajemen Konstruksi PT. Virama Karya yang didampingi Suja Haryanto yang sebagai humas , ia membeberkan Proyek yang mengunakan biaya APBN sebesar Rp. 50,927.943.671. -

Ilustarasi


"Konsep green building ini bisa resapan air dan tidak ada efek rumah kaca yang tembus matahari , kita menggunakan kaca yang meredam dan menyerap panasnya sinar matahari," ucapnya


Bangunan green building bisa bertahan lama mungkin 50 tahun lebih,dan bangunan ini didisiain tahan gempa


Lanjutnya Pada beberapa ruangan di Kantor Bea Cukai yang berbatas langsung dengan dinding luar tidak lagi menggunakan tirai (vertical blind) guna memaksimalkan cahaya alami yang masuk, sehingga mengurangi penggunaan lampu di siang hari, serta mengurangi kelembaban.


Kesehatan dan kenyamanan dalam ruangan (indoor health and comfort), antara lain sirkulasi udara bersih, bebas asap rokok, bebas polutan kimiawi dan juga menerapkan area bebas asap rokok sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung maupun pegawai.


Lima Manfaat Green Building


1.Meningkatkan Kualitas Hidup


2.Menghemat Sumber Daya Air


3.Mengurangi Biaya Operasional dan Pemeliharaan Bangunan


4.Mengurangi Jejak Karbon dalam Langkah untuk Menyelamatkan Lingkungan


5.Bangunan Bisa Digunakan dalam Waktu yang Lama


Penulis : Chandra

Editor.   : RUM

Related Posts

There is no other posts in this category.