Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan Resmi Dikukuhkan Dan Dilantik

test

Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan Resmi Dikukuhkan Dan Dilantik

https://www.Mediawarta.net
Sabtu, 13 Agustus 2022

 



MEDIAWARTA.NET, BANJARMASIN -Pelantikan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) masa bakti 2022- 2027 digelar di Bundaran Liangangang tepat di halaman Milik TNI  sabtu (13/8/2022) pagi.



Pembukan di hiasi dengan menebas bambu oleh Gebernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang diwakili Sulhan selaku Staf Ahli dan Yakobus Kumis Sekjen MADN (Majelis Adat Dayak Nasional) hal itu sebagai rangkaian adat dayak.




Selanjutya di warnai dengan tari tradisional adat Radap Rahayu, dan dilanjutkan dengan lima pemuka agama untuk membaca doa, setelah selesai pembacan doa dari pemuka agama masing-masing. dilakukanlah pelantikan pengurus yang langsung di lantik Drs. Yakobus Kumis.



Pelantikan tersebut berjalan dengan hikmat, dan penuh nuansa adat dayak yang sangat kental.



Dengan mengucap

Bismilahirohmannirohim dengan ini rapat kerja Dewan Adat dayak resmi saya buka dalam pidato Gebernur Kalimantan Selatan melalui Sulkan selaku Staf ahli Gubernur bidang pemerintahan Hukum dan Politik


"Jadilah Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan ini sebuah rumah bersama untuk memperkuat daerah, bangsa dan negara. Ciptakan kerukunan dan kedamaian serta bergotong royong untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” ucapnya Gebernur Sahbirin Diwakili Sulkan


Di tempat yang sama selepas acara Drs. Yakobus Kumis, selaku Sekjen MADN (Majelis Adat Dayak Nasional). Menyampaikan.




"Saya sangat berharap DAD (Dewan Adat Dayak) yang baru di kukuhkan prieode 2022- 2027 ini menjadi organisasi yang kuat, dan terus menjalin silaturahmi antar pengurus,"ujarnya


Ia juga menyampaikan 

budaya dan adat daerah bukan saja menunjukkan kekhasan suatu daerah tertentu, tapi sekaligus menjadi mata rantai kebudayaan nasional. Indonesia merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan budaya-budaya yang hidup didaerah. Besar harapannya lembaga-lembaga adat bukan hanya sekedar mengukuhkan identitas suatu daerah atau wilayah adat tetapi juga memberikan tempat bagaimana kearifan lokal dihargai yang pada akhirnya memperkuat kesatuan sebagai suatu bangsa yang besar yakni Indonesia.


"Jalin juga silaturahmi kepada pemerintah Daerah maupun Kabupaten ,TNI-Polri, pimpinan ormas harus di rangkul dalam rangka mendapatkan solusi untuk memajukan Kalimantan Selatan lebih baik," tukasnya (mediawarta.net/cr)

Related Posts

There is no other posts in this category.