SMSI Ambil Sikap Atas Dugaan Oknum Humas Polda Kalsel Menyebut Pasukan Wartawan Bodrex

test

SMSI Ambil Sikap Atas Dugaan Oknum Humas Polda Kalsel Menyebut Pasukan Wartawan Bodrex

Rum
Selasa, 03 Oktober 2023




MEDIAWARTA.NETBANJARMASIN, - Serikat Media Siber Indonesia  (SMSI) Banjarmasin menggelar rapat dengan beberapa pimpinan perusahaan yang ada di SMSI, Dewan pakar dan LBH SMSI.


Dihadiri Ketua SMSI Banjarmasin (Adam), Wakil ketua SMSI (Nanang), Sekretaris SMSI (Nicko), pemimpin perusahaan media Kalselhits (Candra), Mediawarta (Ahmad Chandra), Lenterakalimantanet (Naiman), Detikweb (Yetno), wartawan NKRI (Yusi), Ketua SWI (Sugi), Economic Traveling (Olfah), ahli dewan pers dan wartawan senior (Risanta) 


Kegiatan ini membahas terkait adanya dugaan salah satu oknum humas Polda Kalsel yang diduga telah melukai hati  dengan sebutan Wartawan bodrex di rumah makan Medina Chicken, Jalan Beruntung Jaya Banjarmasin, Selasa (3/10/2023). 


Ketua SMSI Banjarmasin, H Adam Nugraha Wardhana SAB menyampaikan dirinya sangat menyayangkan percakapan oknum humas dengan atasanya dengan tulisan diduga wartawan bodrex. 


"Seharusnya itu tidak boleh terjadi, karena sangat menyakiti hati wartawan yang saat meliput kunjungan Wakapolri," jelasnya. 


Ia bilng selain itu, di dalam list yang beredar, nama yang dibilang wartawan bodrex, salah satunya merupakan pimpinan umum media di SMSI, dewan pakar SMSI. 


"Secara kelembagaan, kita sudah mendengar keterangan dari beberapa rekan wartawan yanh meliput di acara dan melalui rapat ini kita akan melayangkan surat yang bersangkutan untuk melakukan klarifikasi dan permintaan maaf secara terbuka," jelasnya. 


Ia menambahkan, pihaknya juga meminta dihadapkan dengan yang bersangkutan, agar masalah ini cepat selesai. 


Sementara itu, Ahli dewan pers, Risanta menyampaikan, dengan kejadian ini bisa dijadikan pelajaran dan menjadikan wartawan itu sebagai mitra. 


"Jangan membeda-bedakan lagi, dari media manapun, atau dari wartawan mana pun, ketika di lapangan meliput acara itu sebagai rekan kerja atau mitra, karena wartawan sebagai penyambung lidah masyarakat, " cetusnya.


Ia menambahkan, wartawan itu sebagai pembawa informasi, edukasi dan kontrol sosial. 


Senada, Ketua SWI Kalsel, Sugiannor menyampaikan, pihaknya meminta kepada yang bersangkutan untuk segera melakukan klarifikasi atau berita yanh sudah beredar dan permintaan mohon maaf secara terbuka dengan mengundang wartawan online, cetak dan elektronik. 


"Tidak ada perbedaan wartawan, semua sama sebagai mitra kerja, " jelasnya. 


Ia berharap, semoga permasalahan ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak terulang lagi. (Humas SMSI Banjarmasin)

Related Posts