BIN DAERAH KALSEL GELAR VAKSINASI COVID-19 DENGAN "JEMPUT BOLA" DI PEDALAMAN KABUPATEN BANJAR

test

BIN DAERAH KALSEL GELAR VAKSINASI COVID-19 DENGAN "JEMPUT BOLA" DI PEDALAMAN KABUPATEN BANJAR

https://www.Mediawarta.net
Sabtu, 02 Juli 2022

 


MEDIAWARTA.NET, MARTAPURA -Pemerintah terus melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di masyarakat. Hal ini untuk mendukung dilaksanakannya transisi dari masa pandemi Covid-19 ke masa endemi.


Seperti yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) yang terus menggencarkan vaksinasi Covid-19, khususnya untuk menjangkau daerah yang sulit dan masuk dalam kategori 4 T, yaitu Terpencil, Terdalam, Terluar dan Terjauh.


Kali ini, BIN Daerah Kalsel berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan vaksinasi dengan metode jemput bola secara _door to door_ di daerah pedalaman, tepatnya di Desa Pa'au dan Desa Belangin di Kecamatan Aranio.


Untuk menjangkau lokasi ini, Tim Vaksinator harus menempuh perjalanan darat sepanjang 30 km. Kemudian, tim melanjutkan perjalanan menggunakan perahu tradisional milik masyarakat selama sekitar 1 jam untuk sampai di titik pertama, yaitu Desa Pa'au. 


Di Desa Pa'au, Tim kemudian memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 serta menghimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat setempat. 


Selanjutnya, Tim melanjutkan perjalanan kembali dengan perahu tradisional ke lokasi kedua di Desa Belangin. Setelah tiba, Tim kembali berjuang dengan berjalan kaki sepanjang 1 km untuk sampai di titik lokasi kegiatan untuk memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.





Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol. Dr. Heri Armanto menjelaskan, kedatangan Tim Vaksinasi di tengah masyarakat pedalaman ini bertujuan agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19, sehingga tidak perlu mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan yang jauh dari rumah.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Banjar, sehingga dapat terbentuk _herd immunity_ atau kekebalan komunal di masyarakat, khususnya menghadapi varian baru Covid-19, yaitu *subvarian  BA.4 dan BA.5* yang sudah ada di beberapa daerah di Indonesia.


Selama Tahun 2022, hingga Bulan Juni ini, BIN Daerah Kalsel telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan capaian sebanyak 736.458 orang penerima, baik untuk dosis 1, dosis 2 maupun dosis 3 atau booster (mediawarta.net/tim)

Related Posts

There is no other posts in this category.