Kala Para Pejabat Tinggi di Banjarmasin Ditantang Membuat Pisang Goreng

test

Kala Para Pejabat Tinggi di Banjarmasin Ditantang Membuat Pisang Goreng

Rum
Jumat, 18 Agustus 2023

 

Istimewa

MEDIAWARTA.NET, BANJARMASIN - Kemeriahan terlihat pada pembukaan Festival UMKM 2023 di lapangan terbuka Taman Kamboja Kota Banjarmasin, Jumat (18/8/2023) pagi. 


Di acara itu, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin yang selama ini disibukan dengan urusan  pemerintahan kini mereka harus memegang peralatan masak. 


Walikota Banjarmasin, Wakil Walikota Banjarmasin, Kapolresta, Kajari Banjarmasin, dan jajaran Forkopimda Banjarmasin berlomba mengolah pisang menjadi aneka bentuk gorengan. 


Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak cukup sederhana seperti pisang, tepung terigu, gula, dan garam sebagamiamana bahan membuat pisang goreng pada umumnya. Hanya saja alat yang digunakan berupa kompor listrik. 


Sebagian besar pisang hanya diolah layaknya pisang goreng rumahan yang dibelah dua dan dibalut oleh tepung. Namun, yang menjadi penilaian utama  juri yaitu rasa dan tampilan pisang goreng. 



Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo misalnya, meskipun tanpa ditemani istri seperti Forkopimda lainnya ia berhasil membuat olahan pisang. 



"Saya beri nama pisang goreng presisi, rasa cinta kasih," kata Sabana. 


Sementara itu Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Arifin Noor masing-masing bersama istri juga berhasil menyajikan pisang goreng dengan pleting menarik. 


Kegiatan lomba memasak tersebut juga menjadi tontonan pengujung festival, sebab peserta lomba bukan berasal dari orang-orang biasa melainkan jajaran Forkopimda. 


Kepada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskopumker) Kota Banjarmasin Isa Anshari mengatakan lomba memasak tersebut hajya salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan di Festival UMKM 2023. Menurutnya masih ada kegiatan lain seperti talk show dan diskusi pengembang UMKM. 


"Acara Festival UMKM 2023 berlangsung tiga hari, kita mulai dengan lomba memasak Forkopimda," kata Isa Anshari. 


Menurutnya,tujuan utama pada Festival UMKM 2023 ini yaitu  memberikan wadah para pelaku UMKM untuk memamerkan dan menjual produknya. 


"Kita mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Banjarmasin tujuan akhirnya naik kelas, jangka pendeknya setidaknya untuk menghidupkan UMKM kita," katanya. 


Ada sekitar 20 UMKM binaan Diskopumker Banjarmasin yang berpartisipasi memamerkan produknya di Festival UMKM 2023.(rill)

Related Posts