Puslitbang Mabes Polri Evaluasi Kualitas Aplikasi Digital Polri di Polres Hulu Sungai Selatan Polda Kalsel

test

Puslitbang Mabes Polri Evaluasi Kualitas Aplikasi Digital Polri di Polres Hulu Sungai Selatan Polda Kalsel

Rum
Selasa, 27 Februari 2024

 

Foto: Humas Hss

 

MEDIAWARTA.NET, Hulu Sungai Selatan - Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri melaksanakan evaluasi kualitas aplikasi digital Polri dalam mendukung tugas kepolisian dalam rangka penguatan pelayanan publik di Polres Hulu Sungai Selatan Polda Kalsel pada Selasa, 27 Februari 2024.

 

Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu, S.I.Κ., Μ.Η., M.Tr. Opsla didampingi para PJU Polres HSS menyambut hangat kedatangan Tim penelitian Puslitbang Mabes Polri yang diketuai oleh Kombes Pol. Harvin Raslin, S.H. dengan anggota Kompol Septi Astuti, S.T., M.A dan Penda Dessy Ariyani serta didampingi Konsultan dari UI Dr. Eko Sakapurnama, M.B.A., CHRM.

 

Dalam rangka menuju Polri yang presisi, modernisasi sarana dan prasarana pelayanan publik yang mudah diakses masyarakat menjadi salah satu kebijakan utama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi telah tergelar yang diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat layanan Polri kepada masyarakat pada era Police 4.0.


 

Aplikasi digital yang telah diluncurkan oleh Korlantas Polri meliputi SINAR (SIM Nasional Presisi), SIGNAL (pembayaran pajak kendaraan bermotor pada Samsat Digital Nasional), ETLE (layanan Electronic Traffic Law Enforcement) yang berfungsi sebagai pemberitahuan informasi tilang secara real time, dan IRSMC (data laka lantas sebagai salah satu Road Safety Management).

 

Keberadaan aplikasi digital Korlantas Polri ini dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat yang sangat membutuhkan layanan Polri secara efektif, cepat, tepat dan mudah diakses serta transparan.

 

Selain untuk mengetahui terkait kehandalan aplikasi digital Korlantas Polri dan kendala dalam mengoperasionalkannya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah aplikasi digital Korlantas Polri sudah memenuhi standar aplikasi yang diamanatkan mptik (master plan teknologi informasi dan komunikasi) polri dan menganalisis apakah aplikasi digital Korlantas Polri sudah efektif serta efisien dalam memberikan kecepatan, kemudahan dan transparansi pelayanan kepada masyarakat.

 

Melalui pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif, tim Puslitbang Mabes Polri melaksanakan evaluasi ini dengan harapan dapat memberikan rekomendasi perbaikan dan peningkatan kualitas aplikasi digital Polri di masa mendatang.(redaksi)

Related Posts