Laksanakan RAT secara online, Kopontren Nurul Hijrah Siap Menjadi Koperasi Modern

test

Laksanakan RAT secara online, Kopontren Nurul Hijrah Siap Menjadi Koperasi Modern

Rum
Minggu, 03 Maret 2024

 


MEDIAWARTA.NET, BANJARMASIN - Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban setiap koperasi, karena merupakan wujud dari pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya.


Pelaksanaan RAT oleh koperasi diharapkan bisa dilaksanakan diawal waktu, yaitu antara bulan Januari sampai dengan Maret. Karena dengan dilaksanakannya RAT diawal waktu, bisa menjadi salah satu indikator bahwa koperasi tersebut dikelola dengan baik.

Hal tersebut di sampaikan oleh Gusti Yanuar Rifai Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Kalimantan Selatan dalam acara RAT Koperasi Pondok Pesantren Nurul Hijrah Kec Jorong Kab Tanah Laut,  Sabtu 2/3/2024 bertempat di Aula Ponpes Nurul Hijrah Jorong, 



Rifai sapaan akrab Kadis juga mengapresiasi Kopontren Nurul Hijrah yang mengadakn RAT tepat waktu sehingga memberikan penghargaan dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Kalimantan Selatan. " Koperasi Pondok Pesantren Nurul Hijrah merupakan salah satu Koperasi percontohan yang sudah dilakukan penilaian oleh Dinas Koperasi dengan nilai AAB. Semangat untuk menjadi koperasi modern terus dilakukan pengurus, sebagai buktinya saat ini, pelaksanaan RAT selain dilaksanakan secara tatap muka,  juga dilaksanakan secara online melalui zoom. " tambah Rifai. 

KH Mukri Yunus pimpinan Ponpes Nurul Hijrah yang juga sebagai Ketua Badan Pengawasan Kopontren Nurul Hijrah dalam sambutannya menyampaikan Koperasi selain badan usaha yang profit oriented, dikelola secara profesional, harus tetap menjalankan misi sosial dan memberikan manfaat bagi anggota. Apalagi ini Koperasi yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren. 

Secara umum RAT berlangsung dengan baik dan dilaksanakan sesuai standar yang diatur dalam peraturan perkoperasian. RAT di pimpin oleh 5 orang yang ditunjuk dari anggota yaitu Syahrian, S.Pd, Anwar Rosyid, S.Pd, Rubiono, S.Pd, Marjana, S.Pd dn Samaun. 

RAT menerima laporan dan pertanggunh jawabnya pengurus dan pengawas, dan juga mengesahkan rencana kerja tahun 2024. 

Sementara ketua Kopontren Nurul Hijrah H. Edy Setyo Utomo mengucapkan terima kasih kepada semua undangan dan anggota Koperasi Pondok Pesantren, karena dukungan dan kerjasama yang baik dari pengawas, pengurus, manager dn mutra sehingga kopontren Nurul Hijrah bisa maju dan berkembang seperti sekarang ini. ' In syaa Allah pengurus siap menjalankan rencana kerja yang telah ditetapkan RAT, seperti : membenahi manajemen koperasi sehingga menjadi koperasi modern, menjalankan diversifikasi usaha integrated farming, dan membuka pelayanan unit simpan pinjam bagi anggota plasma kelapa sawit' pungkas H Edy.(*)

Related Posts