5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu

test

5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu

Rum
Minggu, 04 Juni 2023


MEDIAWARTA.NET, JAKARTA -Meskipun tidak sering dipakai, tapi sepatu pantofel perlu dimiliki oleh seorang laki-laki, sebab kehadirannya sangat dibutuhkan ketika akan menghadiri acara-acara penting. Sepatu pantofel juga cocok untuk acara formal yang menuntut kerapian penampilan, karena memiliki model yang pas jika dipadukan dengan pakaian formal. 
5 Cara Membersihkan Sepatu Pantofel Kesayanganmu
Karena harga sepatu pantofel yang relatif terbilang tidak murah dan juga penggunaannya yang mungkin jarang dipakai, maka cara merawat pantofel membutuhkan perawatan khusus agar tetap kinclong dan selalu tampak bagus saat digunakan. 
1. Bersihkan dari Debu Setelah Dipakai
Pada bagian outsole maupun upper sepatunya ketika sudah Anda pakai pasti akan banyak debu yang menempel, dan kotoran atau debu itu akan menumpuk jika tidak dibersihkan sebelum disimpan. 
Jadi, sebaiknya bersihkan dengan sikat khusus sepatu atau menggunakan kain yang lembut, sesaat setelah digunakan. 
2. Gunakan Sedikit Larutan Air Sabun
Umumnya sepatu pantofel memiliki bahan kulit, baik kulit asli maupun kulit sintetis. sehingga cara mencucinya pun akan berbeda dengan sepatu jenis lainnya. Cara mencuci sepatu pantofel bagian dalam adalah campurkan air dengan sabun pencuci piring atau deterjen secukupnya, kemudian celupkan sikat yang lembut ke dalam larutan tersebut dan gosokkan sikat itu ke bagian yang kotor saja.
Hal itu bertujuan agar bahan kulitnya lebih awet dan tidak cepat rusak, serta hindari mencuci sepatu pantofel sampai basah, karena bahan kulit mudah rusak jika terlalu banyak terkena air.
3. Gunakan Kain Lap untuk Membilas
Anda harus membilas larutan sabun yang tertinggal di dalam sepatu, tapi tidak menggunakan air yang mengalir melainkan dengan kain yang lembab. Untuk mencegah sepatu pantofel kesayangan Anda tergores debu yang terperangkap di kain, maka gunakan kain microfiber yang lembut. 
Basahi kain tersebut dengan sedikit air dan usapkan ke bagian upper sepatu. Usapkan kain dengan perlahan, hingga seluruh sisa-sisa air sabun dan noda bekas sabun menghilang. Perhatikan cara merawat pantofel dengan benar. 
4. Keringkan Sepatu dengan Cara yang Benar
Hindari menjemur sepatu pantofel di bawah terik matahari langsung, karena bisa merusak bahan kulit sepatu pantofel yang baru saja dicuci, jadi cukup diangin-anginkan saja. Anda juga bisa mengelap sepatu pantofel yang masih basah menggunakan kain microfiber yang kering, sebagai alternatif agar cepat kering, dan pastikan tidak ada sisa air yang menempel pada sepatu. Itulah cara membersihkan sepatu pantofel tanpa semir, 
5. Gunakan Semir agar sepatu pantofel kembali kinclong
Apabila sepatu Anda sudah kering, akibat dicuci biasanya warna dan kilaunya akan sedikit memudar. Anda bisa menggunakan semir sepatu pantofel untuk mengembalikan kilau sepatu. 
Ada beberapa jenis semir sepatu yang bisa digunakan mulai dari semir instan yang berbentuk cair hingga semir yang berbentuk pasta. Efek kilau yang dihasilkan oleh semir tidak akan bertahan lama, cara merawat pantofel yang benar bisa menggunakan semir pasta, walau membutuhkan banyak waktu untuk pengerjaan, tapi kilaunya bisa tahan lama. 


Untuk memiliki sebuah sepatu pantofel yang bagus dan berkualitas, Anda bisa membeli secara online pada Dr Martens di Blibli yang memiliki sekitar 75 produk berbagai macam sepatu boot berkualitas baik, dengan harga mulai dari Rp1.950.000,- sampai Rp2.720.000,- 
Membeli semua kebutuhan di Blibli, yaitu sebuah toko online terpercaya dan terlengkap dengan beragam produk pilihan serta promo diskon atau potongan harga yang sangat menarik.

Related Posts