Tim SFQR Lanal Banjarmasin Laksanakan Aksi Segera, Beri Pertolongan Kapal Yang Alami Laka Laut

test

Tim SFQR Lanal Banjarmasin Laksanakan Aksi Segera, Beri Pertolongan Kapal Yang Alami Laka Laut

Rum
Sabtu, 30 Desember 2023

 

Istimewa


MEDIAWARTA.NET,Banjarmasin- Sebuah kapal TB. MBS 05, GT. 31 mengalami kebocoran di perairan Sungai Barito Banjarmasin hingga menyebabkan kapal tenggelam. Insiden tersebut terjadi pada Kamis malam 28 Desember 2023.

Sekitar pukul 19.30 WITA Pos Binpotmar Trisakti mendapatkan informasi dari radio bahwa terjadi kecelakaan laut kapal tenggelam TB. MBS 05 dengan Nahkoda Sabriansya dari dok Kodja Bahari Banjarmasin tujuan Pelabuhan Basiri Sungai Martapura. Selanjutnya Komandan Pos Letda Laut (T) Hadi Suprayitno memerintahkan prajuritnya menuju TKP untuk memberikan pertolongan.

Setibanya di lokasi serta memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, Tim SFQR Lanal Banjarmasin menghimpun data kronologi kejadian. Diketahui bahwa saat kapal melintas Dermaga Martapura Baru, ABK TB. MBS 05 saudara Roby memeriksa kamar mesin, terjadi kebocoran dan sudah terisi dengan air. Karena keterbatasan alat penanggulangan, Nakhoda memutuskan peran peninggalan menggunakan swimvest dengan lokasi terakhir pada posisi 03° 33′ 73" LS-114° 05′ 51" BT.

Untuk keselamatan bernavigasi Tim SFQR Lanal Banjarmasin memasang tanda sementara pada lokasi kejadian serta melaksanakan koordinasi dengan KSOP Banjarmasin dan Polair terkait keselamatan pelayaran.

Bapak Germas, Kabid Keselamatan Berlayar dari Pihak KSOP Banjarmasin memberikan himbauan terhadap kapal-kapal yang berlayar agar waspada saat melintas mendekati area tersebut, serta dalam waktu dekat akan segera dipasang rambu navigasi.(Penal)

Related Posts