Evaluasi Kualitas Aplikasi Digital Korlantas Polri: Meningkatkan Pelayanan Publik dalam Era Police 4.0

test

Evaluasi Kualitas Aplikasi Digital Korlantas Polri: Meningkatkan Pelayanan Publik dalam Era Police 4.0

Rum
Rabu, 28 Februari 2024

 



MEDIAWARTA.NET, PELAIRAHI - Tim Peneliti Puslitbang Polri yang diketuai oleh Kombes Pol. Harvin Raslin, S.H., bersama anggota Kompol Septi Astuti, S.T., M.A., dan Penda Dessy Ariyani, serta didampingi oleh Konsultan dari UI, Dr. Eko Sakapurnama, M.B.A., CHRM., telah melaksanakan Evaluasi Kualitas Aplikasi Digital Korlantas Polri dalam Mendukung Tugas Kepolisian dalam Rangka Penguatan Pelayanan Publik di Polres Tanah Laut.

Ketua Tim beserta rombongan disambut oleh Kapolres Tanah Laut, AKBP Muhammad Junaeddy Johnny, S.I.K., M.H., yang diwakili oleh Wakapolres, Kompol Andri Hutagalung, S.Ab., M.A.P., di Joglo Wicaksana Laghawa Polres Tanah Laut pada Rabu (28/2) pagi.

Sebagai bagian dari upaya modernisasi dan peningkatan pelayanan publik yang mudah diakses oleh masyarakat, Polri telah meluncurkan berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi. Dalam era Police 4.0, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., telah menetapkan kebijakan utama untuk mempercepat dan mempermudah layanan Polri kepada masyarakat. Beberapa aplikasi digital yang telah diluncurkan oleh Korlantas Polri, seperti aplikasi SINAR, aplikasi ETLE, dan Aplikasi IRSMC, bertujuan untuk memberikan layanan yang efektif, cepat, tepat, mudah diakses, dan transparan.



Tim Peneliti Puslitbang Polri akan melaksanakan kegiatan penelitian ini di 9 Polda sampel, termasuk di Polda Kalsel dan Polres jajaran, mulai dari tanggal 26 hingga 29 Februari 2024. Kegiatan penelitian ini melibatkan operator aplikasi, perwakilan masyarakat pemohon SIM, serta perwakilan dari instansi terkait seperti Dispenda dan Jasa Raharja.

Dengan adanya evaluasi kualitas aplikasi digital Korlantas Polri ini, diharapkan dapat terus meningkatkan pelayanan publik yang diberikan oleh Polri kepada masyarakat. Puslitbang Polri akan terus berperan dalam mengembangkan teknologi informasi yang mendukung tugas kepolisian dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.(hms)

Related Posts