Lurah Belitung Utara Bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Mengamankan Wanita Paruh Baya Terduga ODGJ di Banjarmasin

test

Lurah Belitung Utara Bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Mengamankan Wanita Paruh Baya Terduga ODGJ di Banjarmasin

Rum
Rabu, 20 Maret 2024

 

Istimewa


MEDIAWARTA.NET, BANJARMASIN- Lurah Belitung Utara bersama Bhabinkamtibmas Babinsa bekerjasama dengan TRC Dinas Sosial dan  Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Banjarmasin telah mengamankan seorang wanita paruh baya terduga ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Rabu (20/03/2024)


Pada  beberapa pekan sebelum Ramadhan, lingkungan RT 01 Belitung Utara telah dihebohkan adanya seorang wanita diduga ODGJ menghuni Gazebo taman Hijau Daun, kehadiran ODGJ tersebut sudah cukup meresahkan warga Jalan Antasan Kecil Barat RT 01 RW 01 Kelurahan Belitung Utara Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin.




Pasalnya sejumlah warga di buat resah karena setiap malamnya bermukim di tempat santai (Gazebo)  taman Hijau Daun, yang biasanya dipergunakan warga untuk bersantai dilokasi taman. Adapun dengan adanya ODGJ disana warga enggan ketaman karena takut ODGJ ngamuk dan teriak-teriak mengganggu ketertiban lingkungan.


Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Lurah Belitung Utara Hj.Erliana S.AP, MA yang sebelumnya telah melakukan investigasi untuk memastikan atas pelaporan Ketua RT 01 Fauzie Rahman faktanya memang benar adanya ODGJ tersebut, 


"Saya  akan segera mungkin menindaklanjuti permasalahan menyangkut ketertiban wilayah Belitung Utara dengan Dinas Sosial dan Satpol PP Kota Banjarmasin, "ucapnya.


Kita memang telah memberikan waktu terhadap keberadaan ODGJ diwilayah kami, namun dalam upaya tersebut tidak ada satupun dari keluarga  ODGJ yang menemui pihak kita (Ketua RT) setempat.


Kami secara bersama-sama telah menciptakan  kerja nyata berkolaborasi menjalin kerjasama dengan pihak terkait (RT, Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan TRC Dinas Sosial serta Satpol PP Kota Banjarmasin sempat, petugas gabungan telah mengamankan ODGJ yang selama ini telah meresahkan dilingkungan Taman Hijau Daun Kelurahan Belitung Utara, "tukasnya.


Bhabinkamtibmas Polsek Banjarmasin Barat Bripka Sumardiono mengatakan pihaknya bersama petugas gabungan sudah mengamankan ODGJ tersebut.


“Sudah di amankan, saat ini sudah ditertibkan oleh satuan  Satpol PP Kota Banjarmasin untuk di lakukan penanganan selanjutnya


Terkait ODGJ tersebut, bhabinkamtibmas dan Babinsa sebelumnya juga sudah pernah melakukan pendekatan penanganan terhadap yang bersangkutan untuk diberikan bimbingan  namun upaya itu tidak digubris.


Harapan kami tiga pilar Kelurahan Belitung Utara, semoga upaya perilaku tindakan humanis/ kemanusiaan yang telah kami lakukan menjadi solusi untuk memulihkan kondisi kejiwaan ODGJ selanjutnya,"pungkasnya.


Dan juga ditambahkan Nurul Husna unit TRC Dinas Sosial Kota Banjarmasin meinfokan saat ini ODGJ wanita paruh baya tersebut sudah ditangani dan berada dirumah Sakit Jiwa Sambang Lihum,"tutupnya


Oz/swi

Related Posts